A. Peran Guru dalam PAKEM
Dalam pembelajaran PAKEM guru yang paling menetukan dan sebagai eksekutor konsep. Oleh karena itu pembelajaran ini melibatkan dua unsur utama yaitu guru dan siswa , dengan guru pengendali utama. Sesuai denga teori kognitif dan teori pemrosesan informasi dapat dikembangkan dalam lima prinsip , yaitu: Prinsip kesiapan dan motivasi, Prinsip penggunaan alat pemusat perhatian, Prinsip partisipasi aktif siswa, Prinsip umpan balik, dan Prinsip pengulangan. Ada banyak peran yang harus dimainkan guru antara lain : Sebagai pembimbing, Sebagai penasihat dan Sebagai contoh.
Sifat-sifat yang harus dimiliki guru didalam kelas yaitu memahami perannya sendiri, tulus, bangga dan puas jika melihat anak didiknya sukses, sabar dan tekun, paham dan menguasai apa yang diajarkan, selalu belajar, ada panggilan untuk mendidik, dan kerja keras,
Hal-hal yang perlu dilakukan guru paling tidak ada 12 aspek sebagai berikut:
a. Memahami potensi siswa yang tersembunyi
b. Siswa diberiakan kesempatan untuk belajar bertanggung jawab
c. Menghargai siswa yang potensinya rendah dan lamban
d. Mendorong siswa untuk terus maju
e. Mengakui pekerjaan siswa dalam satu bidang
f. Menggunakan kemampuan fantasi dalam pembelajaran
g. Memuji perbedaan potensi, karakter, bakat, minatt dan gaya belajar siswa
h. Mendorong dan menghargai keterlibatan individu dalam belajar mandiri
i. Menyatakan kepada siswa bahwa guru adalah mitra, fasilitaor, dan motivator bagi mereka.
j. Menciptakan suasana belajar yang kondusif
k. Mendorong terjadinya pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, inkuiri, dan diskaveri
l. Mendorong terjadinya umpan balik melalui tes/ ujian
Ciri-ciri guru yang menerapakan PAKEM mempunyai keterampilan interpersonal dan keterampilan professional. Guru memeberiakan kepercayaan kepada siswa terhadap pekerjaan. Terbuka dan kolaboratif kepada siswa
SUMBER : Jamal Ma’mur Asmani.2012. 7 TIPS APLIKASI PAKEM.Diva Press
Tidak ada komentar:
Posting Komentar