Pages

Rabu, 30 Mei 2012

PENGERTIAN PAKEM

Memahami hakikat PAKEM
1.      Pengertian
PAKEM adalah sebuah pendekatan yang memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan beragam untuk mengembangkan keterampilan, sikap, dan pemahamannya dengan penekanan belajar sambil bekerja. PAKEM diatur dalam UU Sisdiknas Tahun 2003 Pasal 4 dan Pasal 40 dan PP No.19 Tahun 2005 , Pasal 19
2.      Peran guru dan siswa dalam PAKEM
Actor utama dalam PAKEM adala guru dan siswa . keduanya harus dalam interaksi yang dinamis dan kontekstual.  Guru dan siswa harus sama-sama aktif dan kreatif sehingga pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan.
3.      proses pelaksanaan PAKEM
Dalam pelaksanaan PAKEM ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :
a.       memahami sifat yang dimiliki anak
b.      mengenal anak secara perseorangan
c.       memanfaatkan perilaku anak dalam pengorganisasian belajar
d.      mengembangkan kemampuan berfikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah
e.       mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik
f.       memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
g.      memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan belajar
h.      membedakan aktif fisik dan aktif mental


4.      Kriteria penilaian yang sesuai PAKEM
Berikut adalah criteria penilaian yang sesuai konsep PAKEM, yaitu :
a.       Penilaian otentik yang merupakan proses pengumpulan informasi oleh guru
b.      Bentuk penilaian tes dapat dilakukan secra lisan, tertulis, dan perbuatan
c.       Rangkaian penilaian dilakukan oleh guru

5.      Tujuan penilaian pembelajaran model PAKEM
a.       Menilai kemampuan individual melalui tugas tertentu
b.      Memetukan kebutuhan belajar
c.       Membantu dan mendorong siswa
d.      Membantu dan mendorong guru agar lebih baik dalam mengajar
e.       Menentukan strategi pembelajaran
f.       Akuntabilitas lembaga
g.      Meningkatkan kualitas pendidikan
6.      Merancang dan melaksanakan penilaian PAKEM
Untuk merancang dan melaksanakan penilaian PAKEM harus berdasarkan dua hal . Merancang penilaian dilakukan bersamaan dengan merancang pembelajaran tersebut. Penilaian disesuaikan dengan pendekatan dan metode yang dilaksanakan dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran dengan pendekatan PAKEM penilaian dirancang sebagaimana dengan penilaian otentik.
7.      Lingkungan belajar dalam PAKEM
Menurut saroni (2006) lingkungan belajar adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat proses pembelajaran dilaksanakan. Lingkungan ini mencakup dua hal utama, yaitu: Lingkungan fisik dan Lingkungan sosial
PAKEM membutuhkan sistem pengelolaan dan lingkungan belajar yang mendukung tercapainya tujuannya. Penataan ruang kelas yang menarik ,merupakan hal yang sangat disarankan dalam PAKEM. Berdasarkan uraian tersebut bahwa lingkungan belajar yang dapat memacu belajar siswa meliputi : Lingkungan sekeliling siswa, pajangan karya siswa, pengelolaan alat dan sumber belajar, pengaturan tempat duduk, sudut baca, dan program sarapan pagi.

SUMBER : Jamal Ma’mur Asmani.2012. 7 TIPS APLIKASI PAKEM.Diva Press

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar