tag:blogger.com,1999:blog-10889288886194314382024-03-13T21:49:28.199-07:00PEMBELAJARAN PAKEMArifudinhttp://www.blogger.com/profile/16184378957518942217noreply@blogger.comBlogger4125tag:blogger.com,1999:blog-1088928888619431438.post-73749894927818976502012-06-20T04:32:00.003-07:002012-06-20T13:09:52.357-07:007 TIPS APLIKASI PAKEM<div class="MsoListParagraph" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo1;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;">A.<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;">Tujuh Tips Efektif aplikasi PAKEM</b></div><div class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; margin: 0in; text-indent: 0in;">Tips agar PAKEM berjalan dengan baik adalah</div><div class="MsoListParagraphCxSpFirst" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo2;">1.<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span>Mengadakan pelatihan guru secara intensif dan ekstensif</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo2;">2.<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span>Mengecilkan jumlah peserta didik / membuat kelompok belajar</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo2;">3.<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span>Pembelajaran dilaksanakan dengan team teaching</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo2;">4.<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span>Menerapkan moving class<br />
<a name='more'></a></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo2;">5.<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span>Dalam pembelajaran menerapkan ice breaker ( disisipi dengan humor)</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo2;">6.<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span>Guru harus memiliki diktat praktis sebagai pedoman / indicator dalam mengajar</div><div class="MsoListParagraphCxSpLast" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo2;">7.<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span>Guru haruslah sedikit bicara karena yang banyak bicara adalah siswa , sehingga siswa aktif.</div><div class="MsoListParagraphCxSpLast" style="margin: 0in 0in 0.0001pt 22.5pt;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="margin-left: 0in; text-indent: .25in;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="margin-left: 0in; text-indent: .25in;"><span style="background-color: #fff9ee; color: #222222; font-family: Georgia,Utopia,'Palatino Linotype',Palatino,serif; font-size: 15px; line-height: 21px;">SUMBER : </span><span style="background-color: #fff9ee; color: #222222; font-family: 'Times New Roman',serif; font-size: 12pt; line-height: 24px;">Jamal Ma’mur Asmani.2012. 7 TIPS APLIKASI PAKEM.Diva Press</span> </div><div class="MsoListParagraphCxSpLast" style="margin: 0in 0in 0.0001pt 22.5pt;"><br />
</div>Arifudinhttp://www.blogger.com/profile/16184378957518942217noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1088928888619431438.post-44892029190378744022012-06-13T07:57:00.001-07:002012-06-20T12:54:07.239-07:00METODEOLOGI PAKEM<div class="MsoListParagraph" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo1;"><b>A.<span style="font-size: 7pt; font-weight: normal;"> </span></b><b>Metodeologi PAKEM<o:p></o:p></b></div><div class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; margin: 0in; text-indent: 0in;">Ada 8 metodeologi dalam PAKEM yang harus dilakukan oleh guru</div><div class="MsoListParagraphCxSpFirst">1.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Mendorong siswa untuk menghafalkan</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle">2.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Menekankan siswa untuk bertanya</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle">3.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Memulai diskusi interaktif</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle">4.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Mengajak siswa belajar diluar kelas<br />
<a name='more'></a></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle">5.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Membangkan kreativitas siswa</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle">6.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Melatih penelitian</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle">7.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Mengadakan studi banding</div><div class="MsoListParagraphCxSpLast">8.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Melatih jurnalistik</div>Arifudinhttp://www.blogger.com/profile/16184378957518942217noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1088928888619431438.post-84612882095719229552012-05-30T18:26:00.003-07:002012-06-20T12:52:14.159-07:00PERAN GURU DALAM PAKEM<div class="MsoListParagraph" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo1;"><b>A.<span style="font-size: 7pt; font-weight: normal;"> </span></b><b>Peran Guru dalam PAKEM<o:p></o:p></b></div><div class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; margin: 0in; text-indent: .25in;">Dalam pembelajaran PAKEM guru yang paling menetukan dan sebagai eksekutor konsep. Oleh karena itu pembelajaran ini melibatkan dua unsur utama yaitu guru dan siswa , dengan guru pengendali utama. Sesuai denga teori kognitif dan teori pemrosesan informasi dapat dikembangkan dalam lima prinsip , yaitu: Prinsip kesiapan dan motivasi, Prinsip penggunaan alat pemusat perhatian, Prinsip partisipasi aktif siswa, Prinsip umpan balik, dan Prinsip pengulangan. Ada banyak peran yang harus dimainkan guru antara lain : Sebagai pembimbing, Sebagai penasihat dan Sebagai contoh.</div><div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 6.0pt; margin-left: 0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; text-indent: .5in;"><br />
<a name='more'></a>Sifat-sifat yang harus dimiliki guru didalam kelas yaitu memahami perannya sendiri, tulus, bangga dan puas jika melihat anak didiknya sukses, sabar dan tekun, paham dan menguasai apa yang diajarkan, selalu belajar, ada panggilan untuk mendidik, dan kerja keras, </div><div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 6.0pt; margin-left: 0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; text-indent: 0in;">Hal-hal yang perlu dilakukan guru paling tidak ada 12 aspek sebagai berikut:</div><div class="MsoListParagraphCxSpFirst" style="margin-bottom: 6.0pt; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo2;">a.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Memahami potensi siswa yang tersembunyi</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: 6.0pt; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo2;">b.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Siswa diberiakan kesempatan untuk belajar bertanggung jawab</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: 6.0pt; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo2;">c.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Menghargai siswa yang potensinya rendah dan lamban</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: 6.0pt; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo2;">d.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Mendorong siswa untuk terus maju</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: 6.0pt; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo2;">e.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Mengakui pekerjaan siswa dalam satu bidang</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: 6.0pt; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo2;">f.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Menggunakan kemampuan fantasi dalam pembelajaran </div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: 6.0pt; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo2;">g.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Memuji perbedaan potensi, karakter, bakat, minatt dan gaya belajar siswa</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: 6.0pt; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo2;">h.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Mendorong dan menghargai keterlibatan individu dalam belajar mandiri</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: 6.0pt; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo2;">i.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Menyatakan kepada siswa bahwa guru adalah mitra, fasilitaor, dan motivator bagi mereka.</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: 6.0pt; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo2;">j.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Menciptakan suasana belajar yang kondusif</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: 6.0pt; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo2;">k.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Mendorong terjadinya pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, inkuiri, dan diskaveri</div><div class="MsoListParagraphCxSpLast" style="margin-bottom: 6.0pt; margin-left: 22.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo2;">l.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Mendorong terjadinya umpan balik melalui tes/ ujian</div><div class="MsoNormal" style="margin-left: 0in; text-indent: .25in;">Ciri-ciri guru yang menerapakan PAKEM mempunyai keterampilan interpersonal dan keterampilan professional. Guru memeberiakan kepercayaan kepada siswa terhadap pekerjaan. Terbuka dan kolaboratif kepada siswa</div><div class="MsoNormal" style="margin-left: 0in; text-indent: .25in;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="margin-left: 0in; text-indent: .25in;"><span style="background-color: #fff9ee; color: #222222; font-family: Georgia,Utopia,'Palatino Linotype',Palatino,serif; font-size: 15px; line-height: 21px;">SUMBER : </span><span style="background-color: #fff9ee; color: #222222; font-family: 'Times New Roman',serif; font-size: 12pt; line-height: 24px;">Jamal Ma’mur Asmani.2012. 7 TIPS APLIKASI PAKEM.Diva Press</span> </div>Arifudinhttp://www.blogger.com/profile/16184378957518942217noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1088928888619431438.post-45141343872916097992012-05-30T18:23:00.001-07:002012-06-20T12:54:53.398-07:00PENGERTIAN PAKEM<div class="MsoListParagraphCxSpFirst"><b>Memahami hakikat PAKEM <o:p></o:p></b></div><div class="MsoListParagraphCxSpLast" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo2;">1.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Pengertian</div><div class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; margin: 0in; text-indent: .25in;">PAKEM adalah sebuah pendekatan yang memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan beragam untuk mengembangkan keterampilan, sikap, dan pemahamannya dengan penekanan belajar sambil bekerja. PAKEM diatur dalam UU Sisdiknas Tahun 2003 Pasal 4 dan Pasal 40 dan PP No.19 Tahun 2005 , Pasal 19</div><div class="MsoListParagraph" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo2;">2.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Peran guru dan siswa dalam PAKEM</div><div class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; margin: 0in; text-indent: 0in;">Actor utama dalam PAKEM adala guru dan siswa . keduanya harus dalam interaksi yang dinamis dan kontekstual. Guru dan siswa harus sama-sama aktif dan kreatif sehingga pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan.</div><div class="MsoListParagraph" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo2;">3.<span style="font-size: 7pt;"> </span>proses pelaksanaan PAKEM</div><div class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: .25in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; text-indent: 0in;">Dalam pelaksanaan PAKEM ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :</div><div class="MsoListParagraphCxSpFirst" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l3 level1 lfo3;">a.<span style="font-size: 7pt;"> </span>memahami sifat yang dimiliki anak</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l3 level1 lfo3;">b.<span style="font-size: 7pt;"> </span>mengenal anak secara perseorangan</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l3 level1 lfo3;">c.<span style="font-size: 7pt;"> </span>memanfaatkan perilaku anak dalam pengorganisasian belajar</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l3 level1 lfo3;">d.<span style="font-size: 7pt;"> </span>mengembangkan kemampuan berfikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l3 level1 lfo3;">e.<span style="font-size: 7pt;"> </span>mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l3 level1 lfo3;">f.<span style="font-size: 7pt;"> </span>memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l3 level1 lfo3;">g.<span style="font-size: 7pt;"> </span>memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan belajar</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l3 level1 lfo3;">h.<span style="font-size: 7pt;"> </span>membedakan aktif fisik dan aktif mental</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; text-indent: 0in;"><br />
<a name='more'></a><br />
</div><div class="MsoListParagraphCxSpLast" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo2;">4.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Kriteria penilaian yang sesuai PAKEM</div><div class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: .25in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; text-indent: 0in;">Berikut adalah criteria penilaian yang sesuai konsep PAKEM, yaitu :</div><div class="MsoListParagraphCxSpFirst" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l4 level1 lfo4;">a.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Penilaian otentik yang merupakan proses pengumpulan informasi oleh guru</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l4 level1 lfo4;">b.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Bentuk penilaian tes dapat dilakukan secra lisan, tertulis, dan perbuatan</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l4 level1 lfo4;">c.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Rangkaian penilaian dilakukan oleh guru</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; text-indent: 0in;"><br />
</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo2;">5.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Tujuan penilaian pembelajaran model PAKEM</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: .75in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo5;">a.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Menilai kemampuan individual melalui tugas tertentu</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: .75in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo5;">b.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Memetukan kebutuhan belajar</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: .75in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo5;">c.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Membantu dan mendorong siswa </div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: .75in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo5;">d.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Membantu dan mendorong guru agar lebih baik dalam mengajar</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: .75in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo5;">e.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Menentukan strategi pembelajaran</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: .75in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo5;">f.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Akuntabilitas lembaga</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: .75in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo5;">g.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Meningkatkan kualitas pendidikan</div><div class="MsoListParagraphCxSpLast" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo2;">6.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Merancang dan melaksanakan penilaian PAKEM</div><div class="MsoNormal" style="margin-left: 0in; text-indent: .25in;">Untuk merancang dan melaksanakan penilaian PAKEM harus berdasarkan dua hal . Merancang penilaian dilakukan bersamaan dengan merancang pembelajaran tersebut. Penilaian disesuaikan dengan pendekatan dan metode yang dilaksanakan dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran dengan pendekatan PAKEM penilaian dirancang sebagaimana dengan penilaian otentik.</div><div class="MsoListParagraphCxSpFirst">7.<span style="font-size: 7pt;"> </span>Lingkungan belajar dalam PAKEM</div><div class="MsoListParagraphCxSpLast" style="margin-left: 0in; mso-add-space: auto; text-indent: .25in;">Menurut saroni (2006) lingkungan belajar adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat proses pembelajaran dilaksanakan. Lingkungan ini mencakup dua hal utama, yaitu: Lingkungan fisik dan Lingkungan sosial</div><div class="MsoNormal" style="margin-left: 0in; text-indent: .25in;">PAKEM membutuhkan sistem pengelolaan dan lingkungan belajar yang mendukung tercapainya tujuannya. Penataan ruang kelas yang menarik ,merupakan hal yang sangat disarankan dalam PAKEM. Berdasarkan uraian tersebut bahwa lingkungan belajar yang dapat memacu belajar siswa meliputi : Lingkungan sekeliling siswa, pajangan karya siswa, pengelolaan alat dan sumber belajar, pengaturan tempat duduk, sudut baca, dan program sarapan pagi.</div><div class="MsoNormal" style="margin-left: 0in; text-indent: .25in;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="margin-left: 0in; text-indent: .25in;">SUMBER : <span style="font-family: 'Times New Roman',serif; font-size: 12pt; line-height: 150%;">Jamal Ma’mur Asmani.2012. 7 TIPS APLIKASI PAKEM.Diva Press</span></div>Arifudinhttp://www.blogger.com/profile/16184378957518942217noreply@blogger.com0